Wakil Ketua DPRD Dan Komisi I Bertandang Ke BNPB Pusat | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 28 Agustus 2023

Wakil Ketua DPRD Dan Komisi I Bertandang Ke BNPB Pusat

BERITABANJARMASIN.COM - Jakarta – Wakil Ketua bersama rombongan Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) bidang Pemerintahan, Hukum dan HAM bertandang ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam rangka sinkronisasi percepatan bantuan Dana Hibah, jum’at, 18/08/2023.

Dikatakan Wakil Ketua DPRD M. Syaripuddin, SE, tujuan kedatangan rombongan ke BNPB ingin mengetahui bagaimana proses alur permohonan atau pengusulan di BNPB Pusat.

“Ini menjadi perhatian khusus karena memang setiap kabupaten/kota yang mengajukan harus dapat rekomendasi dari provinsi, setelah mendapatkan rekomendasi disampaikan ke BNPB. Tentu memerlukan kerja bersama agar usulan itu bisa terealisasi dan prosesnya bisa cepat. Makanya saya tadi mendapatkan informasi juga bahwa proses di BNPB sendiri itu memakan waktu juga, kalau ini tanpa ada pengawalan kita tidak akan pernah mendapatkannya, nanti mungkin ke depan BPBD bersama dengan provinsi dan kabupaten/kota bisa melakukan pertemuan, merumuskan agar ini bisa dikerjakan secara bersama-sama dan mengusulkan ke BNPB pusat sehingga berjalan dengan baik”, ucap Ketua DPD PDI Perjuangan Kalsel itu.

Terkait beberapa usulan yang tertunda, akibat pergantian Direktur Perencanaan Rehabilitas dan Rekontruksi BNPB, Bang Dhin sapaan akrab M. Syaripuddin mengungkapkan, terkait usulan-usulan sebelumnya, kendalanya di mana, problemnya apa, inilah yang harus kita selesaikan dengan pihak-pihak terkait atau stakeholder terkait. Karena disini juga disampaikan tadi bahwa keterlibatan kabupaten/kota ke provinsi juga harus bisa sama-sama, tidak hanya BPBD kabupaten/kota saja yang berangkat ke sini untuk mengusulkan dan lain-lain, tapi harus bersama-sama dengan BPBD Provinsi, sehingga kelihatan bahwa ini adalah kerja bersama untuk satu permohonan yang bisa direalisasikan oleh pusat, tandasnya.

Sementara itu BPBD Provinsi Kalsel Suria Fadliansyah mengatakan alasannya ke BPBD ingin mengetahui sejauh mana proposal yang diajukan kabupaten Hulu Sungai Selatan sejak tahun 2020.

“Ternyata ada beberapa tahapan yang harus dilewati sampai sekarang, kami berharap nanti mudah-mudahan kami BPBD Provinsi Kalimantan Selatan bersama kabupaten/kota nanti, setiap ada usulan apa yang dikatakan oleh pak Wakil Ketua DPRD kami bisa mengawal juga, sama-sama ikut andil untuk memonitor kegiatan usulan tersebut”, tegasnya.

Suria Fadliansyah juga menghimbau kepada BPBD kabupaten/kota jika ada usulan agar bisa saling bertukar pendapat bersama BPBD Provinsi Kalsel.

“Himbauan kita mudah-mudahan nanti kabupaten/kota bisa bersinergi dengan kita, jika ada usulan kita kaji bersama, sehingga tahapan-tahapannya tidak terlalu panjang lagi”, tutupnya. (Humas DPRD Kalsel/adv)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner